Kamis, 14 Oktober 2010

Oleh: ertiyanto | 04/10/2010

Dalam bahasa Indonesia salah satu arti “seni” adalah halus. Kemudian terbentuk kata kesenian yang dalam bahasa Inggris disebut Art. Kini di Indonesia istilah yang berhubungan dengan seni, banyak menggunakan bahasa Inggris,terlebih dalam seni modern (visual art).

Karena terlalu banyak definisi seni yang harus dikaji dari pendapat para tokoh, sebagai bahan acuan sementara, kita ambil saja pendapat Herbert Read yang mengungkapkan bahwa “seni adalah suatu usaha manusia untuk menciptakan bentuk-bentuk yang menyenangkan”. Pengertian definisi ini adalah merupakan suatu proses untuk mencari-cari, maka wajar jika karya yang dihasilkan dapat mengundang pendapat yang beraneka ragam. Dengan acuan definisi yang seperti ini diharapkan siswa SMP tidak berkecil hati kalau karya yang dibuat dicela oleh orang yang melihatnya. Seni juga merupakan ekspresi batin manusia yang dituangkan melalui pola kelakuan dan menghasilkan suatu karya yang bersifat estetis (indah) dan bermakna.

Seni rupa adalah seni yang diwujudkan dalam bentuk rupa, atau suatu hasil karya dari usaha mengekspresikan kehidupan batin manusia dengan media rupa ( titik, garis, warna, tekstur, bidang, bentuk, volume/ruang, value/gelap terang ).

Menurut wujudnya karya seni rupa dapat dibagi menjadi beberapa jenis, antara lain :

  1. Seni lukis
  2. Seni patung/pahat
  3. Seni reklame
  4. Seni dekorasi
  5. Seni ilustrasi
  6. Seni kerajinan
  7. Seni ukir
  8. Seni batik
  9. Seni grafika/cetak
  10. Seni bangun/arsitektur.

Berdasarkan fungsi dan tujuan penciptaannya, karya seni rupa dikelompokkan menjadi dua, yaitu : seni rupa murni (fine art) dan seni rupa terapan (applied art). Dikatakan seni rupa murni karena dalam proses penciptaannya seorang seniman bebas mengekspresikan isi pikiran atau idenya tanpa memikirkan dari segi fungsi dan kegunaannya (segi praktis) contohnya adalah seni lukis, seni patung. Sedangkan seni rupa terapan diciptakan untuk diterapkan, artinya si pencipta dalam berkarya harus mempertimbangkan segi fungsi dan kegunaannya, contohnya adalah seni dekorasi taman, seni reklame, seni kriya/kerajinan dan lain-lain.

Sumber : Seni Budaya SMP/MTS. Kls VII

http://ertiyanto.wordpress.com/2010/10/04/pegertian-seni/

0 komentar:

Posting Komentar

Beri Komentar pada blog ini

AdBrite