Minggu, 24 Oktober 2010

KUJUAL REPRODUKSI LUKISAN KACA UKURAN KECIL







Lukisan Kaca Reproduksi adalah sebuah diversifikasi produk lukisan kaca yang mempunyai maksud untuk memberikan terobosan baru bagi pemasaran produk lukisan yang berharga murah bercirikan cinderamata khas Cirebon, sehingga mampu memberikan layanan bagi konsumen yang menginginkan harga yang terjangkau. Kualitas produk terutama hasil cetakan diupayakan mempunyai kualitas baik serta pengerjaan finishing yang cukup baik. Tambahan barang dikemas dengan dus yang menampilkan motif khas Cirebon, hal ini akan menambah daya tarik tersendiri. Soal harga ? dijamin murah karena dipasarkan sekitar Rp.50.000,-- per pcs diluar ongkos kirim.
Produk yang satu ini ditujukan untuk target pasar bawah, artinya diperuntukan bagi konsumen yang berkantong paspasan, lebih jauh lagi produk ini akan disertakan sebagai bonus dari pembelian produk Lukisan Kaca ukuran sedang dan besar (masih dalam proses penghitungan nominal untuk minimal pembelian produk).
Memang jika diukur dari keuntungan per satuan pcs, produk ini tidak terlalu besar. Paling tidak kehadiran produk ini akan menambah pilihan bagi para konsumen,pada akhirnya diharapkan rasa senang dan rasa keinginan memiliki Produk Lukisan Kaca Khas Cirebon dapat tercapai dari mulai konsumen bawah hingga menengah dan besar.
Beberapa terobosan lain selain kemasan produk yang bernuansa etnik, bingkaipun akan dibuat dalam beragam corak yang mau tidak mau akan mempengaruhi penampilan produk reproduksi lukisan kaca tersebut. Ide ini sudah menjadi target layanan pemasaran yang secara periodik akan selalu diperbaharui demi menjaga kualitas produk yang ditawarkan.
Kehadiran produk reproduksi lukisan kaca semula merupakan langkah coba-coba,namun beberapa kali digelar dalam setiap pameran lokal dan regional, produk ini ternyata banyak diminati dikalangan konsumen bawah. Hal ini wajar, karena untuk memiliki Lukisan Kaca asli berukuran 50x60cm saja harus mengeluarkan kocek minimal 350 ribu rupiah bahkan lebih tergantung dari bagus tidknya desain lukisan kaca.
Sangat masuk akal jika pengrajin kecil lukisan kaca khas Cirebon kini banyak yang mencari terobosan-terobosan baru demi menjaga kelestarian pemasaran produknya, seperti beberapa waktu lalu ada beberapa pelukis kaca membuatan lukisan kaca miniatur dengan memanfaatkan bahan baku limbah kaca tebal,namun karena proses cukup rumit karena harus dibuat manual satu persatu dalam bidang kaca yang sempit. Maka banyak diantaranya yang merasa kesulitan menambah ornamen maupun motif dan ragam hias yang biasa menjadi kelengkapan Lukisan Kaca khas Cirebon.
Kedepan bisa saja dilakukan terobosan untuk pengerjaan massal, dengan memanfaatkan teknik sablon khusus kontour gambar/desain dan sisanya dipoles cat dengan sistem pelaburan atau blocking (tidak mengenal gradasi warna). Beberapa uji coba sudah dilakukan, hanya saja terbentur kepada teknik sablon yang tepat dan baik sehingga arsiran pada gambar bisa disablon. Tentunya hal ini membutuhkan screen yang tepat dan pengerjaan yang rapi, karena menyablon dalam media kaca ukuran kecil (mini) sangat sulit menampilkan arsir yang jelas dan tajam.
Berbeda sekali ketika mengerjakan lukisan kaca dalam media kaca yang sedang apalagi ukuran yang besar, setiap arsiran dapat dimasukan dalam detail lukisan kaca yang menambah keindahan.
Demikian tulisan ini dibuat demi memberikan informasi terbaru dari apa yang dilakukan pengrajin kecil lukisan kaca khas Cirebon.

Penulis,
Halimi,SE,MM.

0 komentar:

Posting Komentar

Beri Komentar pada blog ini

AdBrite