Senin, 18 Oktober 2010

Festival Topeng Suguhkan Kirab Budaya



KUNINGAN, KOMPAS.com - Puncak Festival Topeng Nusantara 2010, yang dilaksanakan di Cirebon dan Kuningan akan menyuguhkan kirab budaya dan delapan pagelaran tari topeng dari delapan provinsi di nusantara, Sabtu (16/10/2010). Acara puncak dihelat mulai pagi hingga malam hari.

Koordinator FTN 2010 Peggy Melati Sukma mengatakan, puncak FTN dibuka dengan kirab budaya Cirebon-Indramayu-Majalengka-Kuningan, Sabtu pagi besok, mulai pukul 08.00. Berjalan dari Alun-alun Keraton Kasepuhan sepanjang empat kilometer, arak-arakan karnaval seniman, prajurit kerajaan, dan masyarakat berakhir di Gedung Negara, Cirebon.

"Upacara pembukaan dilakukan di Gedung Negara, yang rencananya akan dihadiri 15 duta besar negara sahabat dan sejumlah menteri. Akan ditampilkan tiga kereta kencana dari keraton, serta pedati gede Pekalangan. Pedati tersebut selama ini jarang diarak," ujarnya saat jumpa pers di Panggung Budaya, Hotel Prima Resort, Kuningan.

Acara dilanjutkan dengan pesta rakyat dan pesta kuliner, yang bisa dinikmati oleh masyarakat Cirebon dan sekitarnya. Untuk menutup FTN 2010, akan digelar pentas topeng yang menghadirkan delapan tarian topeng dari nusantara. Se perti tari topeng klana kolaborasi sanggar-sanggar topeng di Cirebon, tari hudoq dari Kalimantan, tari topeng betawi, cupak cerantang dari Lombok NTT, serta tari panji panumbra dan topeng lima wajah dari penari Miroto.

Peggy mengatakan, festival ini diharapkan menjadi pemicu festival budaya-festival budaya selanjutnya di daerah lain, yang pernah digelar FTN. Bukan hanya melestarikan budaya tradisi bangsa, industri pariwisata dan ekonomi rakyat akan ikut tumbuh.

http://oase.kompas.com/read/2010/10/15/20274651/Festival.Topeng.Suhugkan.Kirab.Budaya.-3

0 komentar:

Posting Komentar

Beri Komentar pada blog ini

AdBrite