Senin, 01 Maret 2010

Keramik Plered Sudah Diekspor



Liputan6.com, Purwakarta: Di Purwakarta, Jawa Barat, tak hanya ada Waduk Jatiluhur, tapi juga ada industru kerajinan keramik, tepatnya di daerah Plered. Dibanding kemarik lainnya, keramik Plered punya keunikan serta keunggulan desain dan warna. Selain itu, industri keramik Plered juga sudah di ekspor ke Eropa.

Menurut Supriadi, pedagang keramik plered, kepada SCTV, baru-baru ini, pembuatan keramik plered berlangsung turun temurun dan menjadi sentra keramik sejak 1904. Awalnya, warga Plered membuat keramik dari tanah liat guna memenuhi kebutuhan barang rumah tangga. Tapi sekarang sudah menjadi sumber pendapatan tersendiri bagi masyarakat. Bentuknya pun sudah bermacam macam, seperti hewan, buah-buahan, celengan, pot, dan lain lain.

Selain tempat kerajinan keramik Plered, di Purwakarta kita juga dapat berwisata ke Danau Cirata. Perlu waktu sekitar 15 menit untuk sampai ke danau yang memiliki pemandangan alami ini dari Plered. Di sini kita bisa melihat-lihat pemandangan danau yang juga di manfaatkan menjadi pembangkit listrik.(BOG)
http://www.mediaindonesia.com

1 komentar:

Unknown mengatakan...

plered istimewa

Posting Komentar

Beri Komentar pada blog ini

AdBrite