Sabtu, 27 Februari 2010

Toko Cindera Mata di Kyoto



Rasanya tidaklah lengkap kalau berwisata ke suatu daerah tapi tidak membawa oleh-oleh berupa cindera mata.
Kalau anda berkesempatan ke Jepang, jangan lupa mampirlah ke Kyoto.Kyoto adalah kota budaya yang sudah sangat terkenal sebagai tempat tujuan wisata. Selain itu juga sebagai sentra pengrajin cindera mata dan barang khas Jepang. Hampir di semua sudut kota kita bisa menemui galleri, toko cindera mata dan rumah-rumah kerajinan yang dibuka untuk umum.

Tempat penjualan Cindera mata yang sering dikunjungi wisatawan adalah:

1. Toko cindera mata di pertokoan Teramachi Sanjo
Di tempat ini toko cindera mata ada di semua lorong pertokoan. Yang di jual hampir seragam, patung khas jepang dari bambu atau kayu satu set 4 buah , kerajinan dari metal, gantungan kunci, kartu pos, gelas keramik, pigura, lukisan kain, kipas dengan motif jepang dari kain dan kertas, kaos oblong bergambar khas jepang, dan permainan anak-anak tradisional jepang. Umumnya di depan toko ada etalase yang menjual kue khas jepang seperti mochi dan senbei (Kerupuk beras yang dipanggang).
Harga cindera mata disini relatif lebih murah dibanding tempat lain.

2. Toko Cindera Mata di tempat wisata
Umumnya di dekat tempat wisata terdapat beberapa toko cindera mata.
Barang yang tersedia variasinya tidak sebanyak di Teramachi, kebanyakan adalah
Jimat berbungkus kain khas jepang, kartu pos, gantungan kunci atau barang-barang lain yang bergambar tempat wisata di dekatnya.

3. Kyoto Handycraft Center
Bangunan berwarna putih berlantai tiga yang terletak di Sakyoku ini menjual barang-barang kerajinan berkualitas tinggi dan sangat indah. tempatnya nyaman dan bikin betah.
Barang yang dijual adalah perhiasan emas dan berlian yang diberi sentuhan khas jepang, piranti makan dari porselin ( piring saji, tea set, gelas, hashi), samurai,lukisan dari kain, barang tenunan sampai tas.
Harganya sesuai dengan kualitasnya, alias cukup mahal untuk kantong mahasiswa. Tapi bila orang asing (turis asing) berbelanja di sini tidak dikenai pajak.
Aksesnya sangat mudah. Supir taksi umumnya sudah hapal tempat ini, cukup bilang Kyoto Handycraft Center si supir sudah pasti akan mengantar sampai ke tempat tujuan tanpa banyak bertanya lagi. Selain itu kita bisa naik kereta turun di Keihan Marutamachi stasiun. Lalu menyebrang jalan, terus ke arah timur menyusuri jalan Marutamachi sekitar 200 meter. Bangunannya ada di sebelah kiri jalan . Atau bisa juga naik bus nomor 206 atau 202 dari Kyoto Eki turun di bus stop Kumano Jinja Mae.

4. Toko Cindera mata Sen
Toko yang semua barangnya berharga 1000 en atau sekitar 80.000 bila dirupiahkan. Merupakan tempat alternatif untuk orang yang mau membeli oleh-oleh dalam jumlah banyak.Yang saya tahu toko ini ada dua, satu di Shijo dekat Hankyu dan satunya di dekat Ginkakuji.
Jenis barang yang dijualnya tidak banyak tapi kualitasnya cukup bagus.
Yang paling banyak dibeli adalah ninggyo dan lukisan kain perempuan berkimono.
Ninggyo adalah patung khas jepang, umumnya perempuan memakai kimono dengan berbagai motif dan atribut. Memang sangat bagus untuk oleh-oleh, benar-benar khas jepang .

Sudah punya gambaran mau kemana mencari cindera mata?? , atau mungkin ada yang ingin menambahkannya..................: )


coretan dan foto Cici Jamhir, www.untaianmutiara.multiply.com



0 komentar:

Posting Komentar

Beri Komentar pada blog ini

AdBrite