Sabtu, 27 Februari 2010

Empat Tip Membeli Cinderamata

Penulis : Adinda Putri
media_travelista_headline

travelfeeder.com

MEMBELI oleh-oleh untuk orang terdekat ketika liburan, sebenarnya bukan tradisi yang wajib dilakukan. Namun adanya asas kesopanan dalam sebuah keluarga, membuat kita sulit menghindarinya.

Lalu, bagaimana jika dana untuk membeli oleh-oleh tidak mencukupi? Simaklah beberapa tips yang dapat membantu Anda mengendalikan pengeluaran untuk oleh-oleh tanpa mengurangi anggaran berlibur.

Jangan gelap mata. Tiba di tempat tujuan wisata, jangan langsung terburu-buru memborong oleh-oleh. Terlebih lagi jika Anda membelinya di kawasan yang khusus menjual cinderamata. Yang pertama Anda lakukan adalah mengelilingi tempat untuk melakukan perbandingan harga dari satu toko ke toko lainnya.

Siapkan anggaran. Siapkan budget tersendiri khusus untuk Anda sebelum uang tersebut Anda gunakan untuk membelanjakan oleh-oleh untuk orang-orang yang Anda sayangi. Tapi perhatikan juga, jangan sampai karena Anda terlalu fokus terhadap diri sendiri, malah berbelanja secara berlebihan.

Pastikan berguna. Banyaknya pilihan cinderamata membuat Anda kewalahan saat membelinya. Yang harus diperhatikan oleh Anda adalah, belilah barang yang memang berguna oleh orang tersebut.

Jika teman Anda seorang perokok, pasti lebih berguna membelikan korek antik dibandingkan perahu ukiran khas kota tersebut.

Koper luas. Yang terakhir, Anda perlu perhatikan adalah kapasitas koper Anda. Ketika akan berangkat, siapkan tempat kosong dimana meletakkan oleh-oleh dalam koper Anda. seusai pulang dari liburan, usahakan untuk mengemas barang dengan tepat. Cara ini dilakukan untuk menghindari biaya penambahan pada koper, jika Anda menggunakan pesawat.(*/OL-5)


0 komentar:

Posting Komentar

Beri Komentar pada blog ini

AdBrite