Minggu, 14 Februari 2010

Tips Memberi Cinderamata Buat Orang Tersayang

Tips yang sangat bermanfaat ketika anda memberikan sebuah cinderamata terhadap orang terkasih diuraikan secara gamblang melalui posting Adiarta.com, sebagai berikut :

Apakah Anda suka bertamasya, mengunjungi tempat-tempat bersejarah atau tempat-tempat ‘eksotis’ di berbagai kota atau negara? Jika ya, tentunya cinderamata atau oleh-oleh adalah barang yang sudah tidak asing lagi dan wajib anda bawa sepulang dari berekreasi. Memberi cinderamata bahkan sudah menjadi tradisi yang lumrah di Indonesia. Dengan cinderamata, kita dapat menunjukkan rasa sayang kita pada sahabat, keluarga atau sang kekasih (sayangnya saya belum punya, hiks…). Memberi cinderamata atau oleh-oleh juga membuktikan bahwa kita selalu ingat kepada si dia, walaupun terpisah nan jauh di sana (lebay ya!?! hehehe).

Nah, agar cinderamata itu lebih berkesan di mata orang yang kita sayang (kalau bisa, ditargetkan menjadi kenangan yang tak terlupakan), ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

  • Niat yang tulus. Niat adalah yang utama. Bila berniat memberi sesuatu, maka tetapkan niat Anda. Jadikan itu sebagai salah satu tujuan wisata Anda. Dengan begitu, Anda akan tidak akan lupa mencari cinderamata di lokasi Anda bertamasya. Dan ingat, ‘tulus’! memberi dengan tulus, pasti akan lebih berkesan. Anda pun tidak akan terbebani bila sudah tulus ingin memberikan sesuatu.
  • Jangan terlalu banyak berjanji. Jangan terlalu banyak menjanjikan sesuatu kepada orang yang kita sayangi. Syukur kalau semua bisa kita tepati. Bila tidak, maka mereka akan sangat sangat kecewa dengan Anda. Lebih baik, pikir-pikir dulu, apakah Anda akan memberikan oleh-oleh kepada teman, keluarga, atau si dia. Kalau Anda belum yakin, ada baiknya Anda diam. Seperti pepatah mengatakan: “diam adalah emas”. Sehingga, bila Anda ternyata membawakan oleh-oleh yang tidak pernah Anda janjikan, itu akan menjadi kejutan bagi mereka.
  • Buat catatan. Buatlah catatan orang-orang yang ingin kita berikan cinderamata. Jangan lupa menuliskan barang-barang yang ingin kita jadikan oleh-oleh. Ini akan sangat membantu ketika Anda tidak mempunyai banyak waktu saat membeli oleh-oleh. Apalagi persediaan di kantong sudah menipis, daftar tersebut akan membantu Anda sebagai skala prioritas bila Anda berniat membatalkan untuk memberikan cinderamata untuk beberapa orang.
  • Sesuaikan dengan keperluan. Sebelum membeli cinderamata, ada baiknya mengetahui apa yang sedang diperlukan orang yang kita sayangi. Memberi sesuatu yang sedang diinginkan atau diidam-idamkan akan lebih spesial dibandingkan memberi sesuatu yang hanya enak dilihat (kalau makanan, ya dimakan donk), walaupun itu harganya mahal.
  • Sesuaikan dengan kemampuan. Ingat, biarpun Anda bertekad kuat memberi oleh-oleh kepada yang tersayang, jangan sampai itu melebihi batas kemampuan keuangan Anda. Orang yang Anda sayangi juga tidak akan rela melihat Anda susah payah membelikan oleh-oleh, tapi pada akhirnya Anda menjadi susah. Itu akan menjadi beban bagi Anda dan orang yang menyayangi Anda.

Semoga tips di atas bisa menjadi bahan pertimbangan dalam memberikan cinderamata bagi orang yang Anda sayangi! Salam sayang selalu!

0 komentar:

Posting Komentar

Beri Komentar pada blog ini

AdBrite