Sabtu, 30 Oktober 2010

Kerajinan Akar Bambu Diekspor ke Amerika

Fajar Sodiq/ Angga Haksoro

VHRmedia, Klaten
- Akar tanaman bambu yang tidak terpakai dapat dijadikan kerajinan tangan layak jual. Kerajinan dari akar bambu telah diekspor ke Amerika, Australia, dan Inggris.
Kerajinan akar bambu di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, dikembangkan oleh Didik Agung Hariyanto. Dia mulai mengembangkan kerajinan ini sejak 12 tahun lalu.
”Saya melihat banyak akar bambu ori yang tidak digunakan. Saya coba kreasikan dan hasilnya bisa menjadi boneka kayu yang memiliki nilai seni dan ekonomi. Akar bambu dapat dibuat kentongan, patung bebek, mobil-mobilan, dan topeng,” kata Didik di tempat usahanya di Jalan Solo-Yogyakarta, Klaten, Senin (18/10).
Kerajinan akar bambu dijual sesuai ukuran. Patung bebek ukuran 50 centimeter dijual Rp 12 ribu. ”Sedangkan untuk ukuran 18 centimeter dijual Rp 7 ribu. Harga bahan baku Rp 3 ribu per akar bambu,” ujar Didik.
Karena unik dan nyentrik, produk kerajinan ini diminati pasar dalam dan luar negeri. “Produk kerajinan ini sudah diekspor ke Amerika, Australia, dan Inggris. Sedangkan untuk dalam negeri, kami biasa mendistribusikan ke Bali, Solo dan Yogyakarta,” kata Menurut Didik. (E1)

Foto: VHRmedia/ Fajar Sodiq


0 komentar:

Posting Komentar

Beri Komentar pada blog ini

AdBrite