Sabtu, 30 Oktober 2010

Indahnya Blambangan di Kain Kanvas

Yovinus Guntur/ Rosmi Julitasari

VHRmedia, Surabaya -
Ingin melihat potensi dan keindahan Blambangan atau Banyuwangi? Gambaran tersebut tertuang jelas dalam pameran lukisan yang digelar 23 seniman asal Banyuwangi, di Gedung Balai Pemuda, Surabaya.
Pameran lukisan yang mengusung tema “ Umbul-Umbul Blambangan” ini, mengungkap tentang sejarah dan budaya masyarakat Blambangan dan Banyuwangi. Ketua Panitia pameran lukisan, M. Khojin mengatakan, lewat pengambaran lukisan ini diharapkan masyarakat mampu mengenal dan mempertahankan budaya Blambangan.
“Kami ingin masyarakat lebih mengenal dan ikut melestarikan budaya Blambangan. Hal ini sangat perlu agar budaya bangsa tidak punah,” ujar M. Khojin, Sabtu (30/10).
Menurut M. Khojin, respon masyarakat terhadap pameran ini sangat bagus. Hal ini dibuktikan dengan terjualnya 4 lukisan, seperti lukisan Penari-penari Gandrung Berdandan karya S.Yadi.K, Maturan ke Pura, karya Huang Fong, Ngantosan karya Joko Sun dan Gadis Tenganan di Sela-sela Upacara karya Windu Pamor.
M. Khojin berharap pameran ini dapat menarik perhatian pemerintah setempat terhadap potensi seniman Banyuwangi, terutama perupa. (E3)
Foto: VHRmedia/ Yovinus Guntur

0 komentar:

Posting Komentar

Beri Komentar pada blog ini

AdBrite