Sabtu, 30 Oktober 2010

Dekranasda Jabar Kini Miliki Perpustakaan Kerajinan

Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jawa Barat kini memiliki Perpustakaan Kerajinan di Gedung Jawa Barat Craft Center (JBCC), Jalan Ir Juanda 19, Dago Bandung. Perpustakaan kerajinan tersebut diresmikan langsung oleh Ketua Dekranasda Jabar Netty Prasetiyani Heryawan pada Jumat (22/10/2010).

Dengan telah tersedianya fasilitas perpustakaan, diharapkan publik, khususnya para pengrajin dapat lebih mengenal seluk beluk kerajinan yang disajikan dari berbagai rujukan maupun literatur. Ke depan, Perpustakan Kerajinan Jawa Barat kelak menjadi rujukan informasi para pengrajin di seluruh Jawa Barat.

"Gedung Dekranasda atau Gedung Jawa Barat Craft Center harus mampu menghadirkan beragam informasi seputar kerajinan di Jawa Barat. Sebagai rumah pengrajin dan publik, berfungsi memberikan pengetahuan seputar kerajinan Jawa Barat. Sehingga sudah selayaknya memiliki perpustakaan sendiri. Dengan koleksi tentang
kerajinan, seni budaya, bisnis, manajemen usaha,literasi dalam bentuk buku maupun digital, perpustakaan ini diharapkan menjadi referensi bagi para pegiat di dalamnya," ujar Netty dalam rilis yang diterima detikbandung, Sabtu (23/10/2010).

Menurut Netty, perpustakaan adalah tempat di mana disajikan banyak informasi yang diolah dan dikelola secara profesional. Informasi yang ada seputar kerajinan, bukan sekadar dikumpulkan untuk dijadikan arsip atau koleksi, tapi juga disampaikan kepada masyarakat luas. Terlebih, jika informasi tersebut merupakan aset atau pengetahuan yang berharga untuk disebarluaskan atau diberdayakan menjadi banyak kegiatan positif yangproduktif.Sudah tentu, hadirnya perpustakaan ini, diharapkan agar kekayaan seni dan budaya Jawa Barat menjadi lestari, berkembang,dan semakin dikenal masyarakat.

Latar belakang berdirinya Perpustakaan Kerajinan Jawa Barat atau disingkat Pekerja adalah sebagai upaya melestarikan dan mempromosikan aneka kekayaan kerajinan Jawa Barat. Proses pendiriannya pun melalui tahapan pelatihan perpustakaan, penyediaan tenaga pustakawan, pengadaan media informasi koran dan majalah, pembenahan ruangan, hingga pengadaan koleksi. Ke depan Pekerja dapat menjadi perpustakaan khusus yang tepercaya dan dapat diandalkan sebagai pusat informasi dan referensi aneka kerajinan Jawa Barat.
(tya/tya)
http://bandung.detik.com/read/2010/10/23/100731/1472906/486/dekranasda-jabar-kini-miliki-perpustakaan-kerajinan

1 komentar:

galianasabala mengatakan...

Poker Games - Casino TatsuBet
Poker Games - poker online - play online poker 888스포츠 games in your browser, 토토 배당률 No w88 downloads required - Free all downloads, 다 파벳 모바일 No ads 스카이바카라 - Play your poker games now.

Posting Komentar

Beri Komentar pada blog ini

AdBrite