Sabtu, 30 Oktober 2010

Berkunjung ke Pusat Kerajinan Yogyakarta

Di kota Yogyakarta terdapat banyak wilayah yang menghasilkan produk lokal yang sangat khas dan banyak diminati pengunjung.

Yang paling paling utama adalah Pathuk. Di sepanjang jalan di dekat Malioboro ini terdapat banyak penjual bakpia yang sangat enak. Toko terbesarnya adalah Bakpia Pathuk 25 dan 75, sedangkan yang lebih murah ada di belakang toko-toko itu. Harga bakpia berkisar Rp11 ribu hingga Rp25 ribu.

Kota Gede

Di kawasan ini Anda bisa menemukan banyak pengrajin perak. Mulai dari pengrajin kecil hingga yang sudah ternama seperti HS Silver, Tom Silver dan masih banyak lagi. Untuk harga masing-masing perak tidaklah sama, ada yang murah sekitar Rp15 ribu hingga puluhan juta.


Kasongan, Bantul

Jika Anda ingin membeli aneka gerabah di sinilah tempatnya. Hasil kerajinan gerabah yang diproduksi pada umumnya berupa guci, pot, souvenir, pigura, hiasan dinding dan perabotan lainnya dengan berbagai motif. Produk-produk Kasongan ini berkualitas baik dan sudah masuk ke pasaran Eropa dan Amerika.

Pasar Godean, Sleman

Di tempat yang satu ini Anda bisa mencicipi jajanan peyek belut yang cukup terkenal. Biasanya para penjual membuat warung-warung kecil dengan etalase berisi belut yang sudah digoreng kering. Harga belut per kilogramnya Rp 50 ribu sampai Rp60 ribu.

Pasar Bringharjo

Bagi Anda yang ingin membeli batik, berkunjunglah ke Pasar Bringharjo. Aneka pakaian, sepray batik dan lain sebagainya bisa Anda dapatkan dengan harga murah. Untuk baju batik wanita dewasa ada yang Rp35 ribu hingga Rp60 ribu.

Gudeg Bu Tjitro

Di Yogyakarta juga terdapat kuliner khas yang namanya gudeg. Gudeg adalah makanan khas Yogya yang dibuat dari bahan nangka muda, santan kelapa dan gula merah. Agar lebih lengkap biasanya ditambahkan telur, ayam dan juga tempe atau tahu bacem. Warung-warung gudeg yang terkenal adalah Gudeg Bu Tjitro di Jl. Adisucipto KM 9, Gudeg Yu Djum di Selokan Kaliurang dan masih banyak lagi lainnya. Harga satu porsi gudeg ada yang Rp8 ribu dan ada juga yang Rp15 ribu.

Pasar Imogiri

Bagi Anda yang ingin mencicipi kuliner khas lainnya, berkunjunglah ke daerah Pasar Imogiri. Di sepanjang jalan yang menuju ke arah Bantul ini terdapat banyak kios penjual sate klatak. Sate kambing muda ini ditusuk dengan jerusi ban sepeda dan memiliki rasa yang sangat gurih. Harga per porsi berkisar antara Rp10 ribu hingga Rp15 ribu.

Dusun Krebet, Bantul

Tempat kerajinan terakhir sekaligus yang terbaru ada di Dusun Krebet, Bantul. Di desa wisata ini Anda bisa menyaksikan atau memesan sambil belajar aneka motif batik yang dibuat di wajah topeng kayu. Harga untuk belajar membatik wayang dipatok sebesar Rp200 ribu.(*/X-12)

sumber : mediaindonesia.com
http://89trip.blogspot.com/2010/10/berkunjung-ke-pusat-kerajinan.html

0 komentar:

Posting Komentar

Beri Komentar pada blog ini

AdBrite