Rabu, 10 Maret 2010

Kerajinan Asal Tasik Hadir di Piala Dunia

GEDUNG PAKUAN,(GM)-
Penyelenggaraan Piala Dunia di Afrika Selatan tahun ini akan diwarnai hadirnya merchandise (kerajinan) produk Tasikmalaya. Produk industri kreatif ini sudah masuk negara di Afrika dan siap beredar saat penyelenggaraan Piala Dunia pada Juni 2010.

Kepastian ini didapatkan setelah Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan menerima kunjungan Duta Besar Afrika Selatan untuk Indonesia, Noel N. Lehoko di Gedung Pakuan, Jln. Otto Iskandardinata Bandung, Rabu (3/3). Gubernur menyatakan, warga Jabar boleh merasa bangga karena produk kerajinannya menjadi merchandise Piala Dunia.

"Saya kaget dan bangga mendengar kabar dari Duta Besar Afrika Selatan bahwa cenderamata untuk Piala Dunia berasal dari Tasikmalaya," ujar Gubernur usai menerima kunjungan Kedutaan Besar Afrika Selatan.

Pertemuan tersebut juga dimanfaatkan Gubernur untuk meminta pemerintah Afrika Selatan membuka keran ekspor tekstil asal Jabar. Jangan sampai tekstil Indonesia, khususnya Jabar, kalah oleh produk Cina.

Heryawan menambahkan, ekspor tekstil dan produk tekstil Jabar ke Amerika Serikat saat ini cukup sulit karena krisis global. Oleh karena itu, harus dibuka keran eskpor baru ke negara lain, di antaranya negara-negara di benua Afrika. "Dubes Afrika belum berjanji akan menerima, tapi 'kan saya sudah usaha, mudah-mudahan ada tindak lanjutnya," ungkap Heryawan.

Kedatangan Dubes Afrika Selatan ke Jabar, katanya, dimaksudkan untuk bersilaturahim. Noel N. Lehoko baru menjabat sebagai Duta Besar Afrika Selatan untuk Indonesia sekitar enam bulan. Menurutnya, dubes tersebut datang ke Bandung sebagai ibu kota Jabar karena merasa memiliki ikatan emosional terkait Konferensi Asia Afrika (KAA).

"Mereka merasa memiliki kedekatan dengan Jabar, terutama Bandung, yang terjalin kuat antara Jabar dan Afrika Selatan. Makanya Kedubes Afrika Selatan itu datang mengunjungi Bandung," ujar Heryawan. (B.83)**http://www.klik-galamedia.com

1 komentar:

johan mengatakan...

saya turut bangga ..walaupun indonesia tidak ikut piala dunia

Posting Komentar

Beri Komentar pada blog ini

AdBrite