Minggu, 14 Februari 2010

Cinderamata Khas Cirebon

ketika mengikuti pameran Inacraft 2009

Boleh jadi beragam cinderamata yang anda ketahui masih ada yang tertinggal untuk disimak. Jika anda ingat Cirebon sebuah kota dipesisir Pulau Jawa ini, sebenarnya menyimpan banyak cinderamata yang khas dan menarik. Melihat adat budaya nya yang unik dan spesifik, Cirebon memiliki aneka ragam cinderamata seperti Topeng Cirebon dan aneka pernak perniknya.
Topeng Cirebon yang dikenal alat Tari Topeng, kini banyak pula dibuat aneka cinderamata yang bercirikan topeng Cirebon, seperti gantungan kunci yang cantik bisa pula dirubah menjadi hiasan tempel untuk kulkas. Bahan bisa dari kayu dan bisa pula dari fiber. Uniknya cinderamata ini lengkap dengan bentuk sobrah ataupun goresan gambar yang rumit.
Selain Topeng Cirebon kita mengenal pula Batik Cirebon. Motif Mega Mendungan menjadi populer dimana-mana, bahkan dikalangan selebritis. Keunikan motif Mega Mendungan sangat indah jika dibuat pakaian baik baju ataupun blouse dan blazer. Motif inipun banyak pula dipakai dalam produk lain seperti taplak meja, sarung bantal dan banyak lagi yang lainnya. Adapula yang menyematkan motif ini pada Sandal Jepit atau Sandal tipis untuk didalam ruangan, ada juga yang dibuat untuk produk peci atau bendo, bahkan dasi dan asesories lainnya. Sangat unik dan menciptakan kesan klasik,indah dan menarik melalui tangan-tangan terampil para pengrajin kecil.
Adalagi cinderamata yang tak kalah menariknya, yakni pernak pernik bunga rotan. Bunga yang dibuat dari anyaman rotan ini bahkan sudah dikenal di mancanegara. Kini ratusan desain bunga rotan dihasilkan dari ketrampilan tangan penciptanya Ny. Husna Husein. Bahkan banyak pula pernak pernik lainnya seperti keranjang,pas bunga,tempat cemilan dan lain sebagainya.
Lukisan Kaca Cirebon juga kini dikembangkan untuk lukisan kaca mini, berbahan baku kaca polos yang mempunyai ukuran tebal 8-10 mm. Unik karena dibuat langsung dengan keterampilan tangan, melukis dalam media ukuran mini memang hasilnya menakjubkan. Walaupun pemasarannya masih tersendat, namun lukisan kaca mini tersebut melengkapi produk cinderamata khas Cirebon.
Ada pula cinderamata yang berbahan baku kerang, aneka biota laut lainnya menghasilkan produk cinderamata yang tak kalah menarik. Sebagai contoh aneka jenis kerang dibuat untuk gantungan kunci, hiasan tempel, bros dan lainnya. Bahkan lebih hebat lagi dibuat untuk ornamen lampu fiber glass, indah dan berorientasi ekspor.
Bagi anda yang ingin memiliki aneka cinderamata Cirebon, bisa berhubungan melalui Cirebon Promotion Centre atau melalui email kami di www.halimitea@yahoo.co.id atau www.halimitea@gmail.com.

1 komentar:

RAKAZIP mengatakan...

bagus banget nih buat promosi daerah dan hasil cirebon..
saya juga punya tetangga yang produksi topeng atau kedok.
barangkali bisa diajak kerjasama..

Posting Komentar

Beri Komentar pada blog ini

AdBrite