Senin, 15 Februari 2010

Bunga Cantik dari Sedotan Plastik




Judul diatas mungkin pernah anda baca di media lain, namun kali ini adalah hasil melihat kerajinan sedotan plastik dari seorang Ibu Rumah Tangga yang menitipkan produk tersebut saat saya mau pameran di Bandung. Unik dan apik memang, namun jika dihubungkan dengan pemanfaatan limbah plastik, boleh jadi kerajinan ini merupakan upaya pengolahan limbah.
Seperti diketahui bahwa sedotan plastik banyak ditemukan di warung minuman ringan , terkadang kita lihat banyak sedotan plastik tercecer. Nah dari limbah seperti itula seorang Ibu Rumah Tangga menyulapnya menjadi kerajinan bunga yang cantik. Bagaimana cara membuatnya kira-kira seperti ini :

Alat yang perlu disiapkan adalah gunting, cutter, dan lem. Sedangkan bahan yang dibutuhkan adalah sedotan, lidi atau bisa diganti dengan kawat yang agak besar (diameternya sekitar 2 mm), kertas krep (kertas yang biasa diapakai sebagai hiasan waktu ulang tahun) atau dapat diganti dengan kertas pita. Jika diperlukan, kita juga dapat menggunakan bekas botol plastic sebagai tambahan aksesoris. Prinsip yang digunakan dalam proses pembuatan bunga sedotan adalah ujung sedotan dibelah menjadi empat. Beberapa sedotan tersebut kemudian digabungkan menjadi satu sehingga berbentuk bunga sedang mekar. Bunga ini kemudian kita ikatkan pada kawat yang telah dibalut kertas krep. Daun bisa dibuat dari potongan kertas pita atau dari potongan bekas gelas plastik. Jika kita menginginkan bunga yang lebih kecil, sedotan dapat dibagi dua terlebih dahulu. Kita bisa mengesut sedotan sehingga berbentuk lebih mekar dan agak lemas.

Jika ingin bunga kelihatan lebih rumpun, kita bisa membelahnya menjadi lima atau delapan. Sedotan juga bisa dipotong menjadi empat kemudian dilipat berbentuk segitiga kecil sehingga berbentuk bunga kuncup yang sederhana. Kita bisa bermain-main dengan memodifikasi secara bebas. Dengan sedikit trik, ternyata sedotan bekas bisa menjadi bunga nan cantik
(diambil dari www.kulinet.com)

0 komentar:

Posting Komentar

Beri Komentar pada blog ini

AdBrite