Senin, 18 Oktober 2010

Pelajar Cirebon Pecahkan Rekor MURI "5.000 Topeng Kreatif Buatanku"

AKIM GARIS/"PRLM"
AKIM GARIS/"PRLM"
Sebanyak 500 siswa dari Kabupaten dan Kota Cirebon bahu membahu memecahkan rekor MURI membuat 5.000 buah topeng di halaman Gedung Negara, Cirebon, Minggu (10/10). Istri Gubernur Jabar, Hj. Netty Heryana (jongkok) didampingi Kepala Badan Koordinasi Pemerintahan dan Pembangunan (BKPP) Jabar Wilayah Cirebon, H. Ano Sutrisno ketika mengamati siswa yang tengah membuat topeng, usai meresmikan rangkaian Festival Topeng Nusantara 2010 tersebut.*

CIREBON, (PRLM).- Sebanyak 500 siswa dari 45 sekolah SLTP/SLTA asal Kota dan Kabupaten Cirebon akhirnya berhasil memecahkan rekor MURI "5000 Topeng Kreatif Buatanku" dalam rangkaian Festival Topeng Nusantara 2010, setelah sekitar lima jam mampu menyelesaikan 5.031 buah topeng terbuat dari karet sintetis di Gedung Negara, Cirebon, Minggu (10/10).

Piagam MURI diserahkan Manajer MURI, Sri Widayati kepada Peggy Melati Sukma selaku Koordinator Pelaksana Program. Peristiwa tersebut tercatat dalam buku MURI ke-4.517.

Menurut Peggy Melati Sukma, acara tersebut merupakan rangkaian dari Festival Topeng Nusantara 2010 (Indonesian Cultural Mask Festival 2010), sebuah perhelatan mengenai seni tari topeng nasional guna melestarikan, menumbuhkembangkan dan memublikasikan kekayaan seni dan budaya topeng Indonesia kepada lintas generasi, terutama generasi muda.

Disebutkan, sebelumnya, telah dilakukan Seminar Internasional bekerja sama dengan Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti di Jakarta, Semarak Pemilihan Duta Topeng Cirebon-Indramayu-Majalengka-Kuningan (Ciayumajakuning, Public Showcase Topeng dan terakhir "5000 Topeng Kreatif Buatanku. Sedangkan puncak penyelenggaraan Festival Topeng Nusantara akan berlangsung tanggal 16 hingga 17 Oktober mendatang.

"Seluruh rangkaian ini akan menjadi arsip besar kelahiran Festival Topeng Nusantara yang dilaporkan kepada negara sebagai langkah awal mengajukan seni topeng nusantara menjadi warisan budaya dunia kepada Komite Warisan Budaya Dunia yang berkantor pusat di Paris dan berada di bawah koordinasi Unesco," kata Peggy.

Sementara itu, istri Gubernur Jabar, Hj. Netty Heryawan, di sela-sela meresmikan pemecahan rekor MURI "5000 Topeng Kreatif Buatanku", menyatakan, sekecil apapun upaya dalam melestarikan seni budaya di Jawa Barat, khususnya di Kota Cirebon, adalah bertujuan untuk meningkatkan pariwisata yang ada di daerah.

"Sekecil apapun warisan seni dan budaya kita tentu memiliki nilai-nilai filosofis, nilai-nilai budaya yang adiluhung yang tentu sangat berguna untuk membangun generasi muda yang kokoh dam mengisi pembangunan ini," kata Netty.

Pembina Yayasan Prima Ardian Tana yang juga inisiator Festival Topeng Nusantara 2010, Ir. H. Iman Taufik mengungkapkan, tujuan utama diselenggarakan kegiatan tersebut yakni menggerakkan pariwisata di Ciayumajakuning.

"Kegiatan ini dibilang sukses kalau bisa memberikan nilai ekonomis, dan tidak akan sukses kalau tidak melibatkan generasi muda. Harus memberikan nilai-nilai moral, melibatkan komunitas, serta tidak akan berhasil jika tidak didukung promosi yang baik," kata Iman. (A-146/das)***

http://www.pikiran-rakyat.com/node/124340

0 komentar:

Posting Komentar

Beri Komentar pada blog ini

AdBrite