Kamis, 14 Oktober 2010

KRIYA

Multicolor Butterfly Necklace Earring Set Fashion JewelryEthnic Style Turquoise Stone and Hammered Metal Necklace and Earrings Set Fashion Jewelry
Kriya adalah cabang seni yang mempelajari pengetahuan, keterampilan dan kreatifitas berkarya seni rupa, yang menggunakan pendekatan medium, kepekaan estetik, kebutuhan keseharian (utiliatrian) dan mengandalkan keterampilan manual ( manual dexterity ). Hasil karya kriya diutamakan mengandung nilai keunikan konseptual, tema, imajinatif, emosional dan inderawi (visual, tactile, olfactory).
Kriya juga merupakan metoda berkarya sekaligus mendesain produk yang mengutamakan nilai kualitas estetika, fungsional, keunikan, tema, makna dan pesan filosofis. Kriya lebih difokuslan pada ilmu dan keterampilan dalam menciptakan konsep, bentuk dan gaya (fashion) dalam arti luas dalam industri kreatif .
Karya Kriya yang dirancang lebih bersifat eksklusif dan memiliki nilai tambah dalam berbagai sisi, karena dalam proses pembuatannya menghandalkan keterampilan tenagan ( handmade ). Kriya bahkan dapat diterapkan pada disiplin ilmu lain seperti kimia, arsitekur, interior dan manajemen. Pada konsep lain, kriya dapat diproduksi ulang untuk memenuhi kebutuhan dalam jumlah banyak namun terbatas. Produk Kriya sulit dibajak atau ditiru, karena unik dalam penggunaan material, unik dalam proses penyatuan dan sentuhan akhir karya, maka produk kriya selalu dinamis.


0 komentar:

Posting Komentar

Beri Komentar pada blog ini

AdBrite